Bertemu lagi dengan saya admin AplikasiPHP.com, setelah beberapa hari absen memposting artikel didalm blog ini. Ini dikarenakan kesibukan saya, sehingga tidak bias menambah artikel. Kali ini saya kan membuat sebuah tutorial mengenai proteksi database MySQL dengan Password.

Bagi rekan-rekan yang sudah sering menggunakan XAMPP mungkin sudah terbiasa menggunakan PHPMyAdmin yang merupakan aplikasi bawaan dari XAMPP untuk mengolah database MySQL melalu web based interface. Nah permasalahnnya dalah, PHPMyAdmin ini secara default belum dilengkapi dengan password yang memproteksi database kita dari orang yang tidak berkepentingan. Seperti tulisan saya sebelumnya yaitu Amankah Password hanya dienkripsi dengan MD5? saya sudah menyampaikan bahwa PHPMyAdmin yang tidak di proteksi dengan password sungguh sangatlah berbahaya terhadap keamanan database kita.

Nah, mungkin banyak diantara pembaca yang belum tau bagaimana caranya memproteksi PHPMyAdmin dengan Password. Pada tutorial ini saya akan menjelaskannya secara detail. Pada PHPMyAdmin yang belum di proteksi dengan Password, maka dibagian bawah halaman awalnya akan terlihat sebuah peringatan bahwa PHPMyAdmin kita belum di proteksi dengan Password. Perhatikan gambar di bawah ini :

PHPMyAdmin belum ada password

Nah untuk memproteksinya, silahkan anda masuk ke menu PRIVILEGES dan EDIT data password untuk user “localhost” , perhatikan gambar dibawah ini :

Menu Privileges

Ketika halaman PRIVILAGES untuk user “localhost” sudah terbuka, anda akan menemukan passwordnya masih kosong. Nah, pada kolom Password, masukkanlah password sesuai yang anda inginkan. Perhatikan gambar di bawah ini :

Set Password PHPMyAdmin

Setelah anda memasukkan password, simpan perubahannya dengan menekan tombol GO. Lalu masuk kembali ke halaman PHPMyAdmin, coba perhatikan tampilannya. Anda akan menemukan bahwa PHPMyAdmin anda akan terlihat ERROR seperti gambar di bawah. Namun tenang, itu adalah normal, karena Password sudah kita ubah, namun file konfigurasi PHPMyAdmin belum kita rubah. Perhatikan gambar di bawah ini :

PHPMyAdmin Error

Nah untuk mengatasi ERROR ini, maka kita harus melakukan EDITING pada file konfigurasi PHPMyAdmin yaitu file config.inc.php yang terletak di folder C:\xampp\phpMyAdmin. Silahkan Anda rubah nilai AUTH_TYPE menjadi http dan Password sesuai dengan password yang telah kita rubah sebelumnya. Perhatikan gambar di bawah ini :

Edit Konfigurasi PHPMyAdmin

Setelah itu, coba anda refresh atau buka kembali halaman PHPMyAdmin maka anda akan di minta untuk memasukkan username dan password untuk PHPMyAdmin anda. Perhatikan gambar dibawah ini.

Insert Password  PHPMyAdmin

Mudah bukan?? Sampai disini dulu tutorial kali ini, semoga membantu rekan-rekan semua…. Dan jika anda tidak keberatan, silahkan di share artikel ini ke teman-teman Facebook atan Twitter anda, mana tau ada teman lain yang memerlukan artikel ini. Untuk men-share-kan artikel ini cukup mudah, anda cukup komentari artikel ini dengan ID Facebook anda atau tekan Tombol Like atau SHARE facebook di bawah ini.
Kata Kunci : Proteksi PHPMyAdmin| Aplikasi PHP

Sumber : http://aplikasiphp.com

About these ads